>

Tes Potensi Akademik - TPA

Bappenas melalui Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UUO PT) telah mengembangkan alat seleksi yang dinamakan Tes Potensi Akademik (TPA). TPA dirancang untuk mengungkap potensi intelektual, yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan mengikuti jenjang pendidikan S2 atau S3. UPP-TPA dapat memberikan pelayanan penyelenggaraan TPA melalui kerjasama dengan lembaga pengguna tes yang bermaksud mengadakan seleksi penerimaan pegawai, mutasi dan promosi jabatan, atau penerimaan mahasiswa baru jenjang pendidikan S2 dan S3. Ruang lingkup kegiatan pelayanan di atas meliputi penyediaan buku soal, lembarjawaban, tenaga pengawas (pengawas utama dan pengawas pendamping), dan penilaian skor serta pengiriman nilai. Sedangkan kriteria dan persyaratan peserta lainnya serta batas kelulusan ditentukan oleh lembaga pengguna tes yang bersangkutan. Disamping penyelenggaraan melalui kerjasama kelembagaan tersebut di atas, UPP-TPA dapat juga memberikan pelayanan individual sesuai dengan mekanisme penyelenggaraan tes individual. (Klik untuk Mendaftar TPA Individu)

Tes Potensi Intelektual Umum - TPIU

TPIU merupakan Tes Potensi Intelektual Umum. TPIU dirancang untuk mengungkap potensi intelektual yang mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang untuk mengikuti jenjang pendidikan S1. Peserta TPIU memiliki jenjang pendidikan serendah-rendahnya SLTA. Pelayanan penyelenggaraan TPIU diberikan oleh UPP-TPA melalui kerjasama dengan lembaga pengguna tes yang memiliki tujuan mengukur kemampuan seseorang dalam rangka penerimaan mahasiswa baru jenjang pendidikan S1, seleksi penerimaan pegawai atau promosi/mutasi jabatan. Sebagaimana TPA, ruang lingkup pelayanan penyelenggaraan TPIU meliputi penyediaan buku soal, lembar jawaban, tenaga pengawas, dan penilaian skor serta pengiriman nilai. Sedangkan kriteria dan persyaratan peserta lainnya serta batas kelulusan ditentukan oleh lembaga pengguna tes yang bersangkutan. Sebagaimana TPA, pelayanan penyelenggaraan TPIU juga dapat diberikan secara individual.

TOEFL

Pelayanan penyelenggaraan tes institutional TOEFL dilakukan oleh Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UUO PT) bekerjasama dengan The Indonesian International Education Foundation (IIEF) Jakarta, sebagai penerbit buku soal dan penilaian skor. Test ini tidak membuka untuk individu tetapi kolektif dari Instansi atau Universitas. Untuk registrasi dan informasi selengkapnya silakan hubungi sekretariat (Klik untuk melihat halaman Kontak Sekretariat)

Tes Kompetensi Dasar Akademik

TKDA merupakan Tes Kompetensi Dasar Akademik untuk keperluan sertifikasi dosen. UUO PT Koperasi Bappenas adalah penyelenggara Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) resmi yang ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Untuk registrasi dan informasi selengkapnya silakan hubungi sekretariat (Klik untuk melihat halaman Kontak Sekretariat)